4 Alasan Harus Konsumsi Mentimun Setiap Hari

Mentimun merupakan sayur yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mengapa baik konsumsi mentimun setiap hari?


0

TEMPO.CO, Jakarta – Sayuran mentimun sudah tidak asing lagi dalam kuliner sehari-hari. Sayuran ini biasanya ditemukan untuk pendamping salad atau lalapan sambal. Rasanya yang gurih dan kaya air membuat mentimun digemari oleh banyak orang hampir setiap hari. Selain itu, konsumsi mentimun setiap hari juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut empat alasan untuk mengonsumsi timur setiap hari

Kandungan Nutrisi yang Tinggi Mentimun merupakan jenis sayuran yang tinggi air tetapi rendah kalori. Selain itu, di dalam mentimun terkandung vitamin dan mineral yang penitng bagi tubuh. Melansir dari glenmoristontownhouse.com, kandungan dalam mentimun diantaranya vitamin C, vitamin K, potassium, dan magnesium. Sebaiknya dalam mengonsumsi mentimun bersama dengan kulitnya agar memeroleh jumlah nutrisi yang maksimal.

Membuat Tubuh Terhidrasi Melansir laman healthline.com, kandungan air dalam mentimun mencapai 96 persen sehingga sangat baik untuk dikonsumsi tubuh guna meningkatiakn hidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Di samping itu, air memegang peran pentiung dalam tubuh, seperti mengatur suhu, mengangkut nutrisi dalam tubuh, memengaruhi kinerja fisik hingga metabolisme tubuh.

Menguatkan Tulang Kandungan vitamin K dan kalsium dalam mentimun dapat membuat tulang menjadi kuat. Selain itu, sebagaimana dijelaskan dalam timesofindia.indiatimes.com, vitamin K memegang peran penting untuk mengurangi risiko patah tulang dan membantu penyerapan kalsium.

Menyehatkan Kardiovaskular Berdasarkan penjelasan American Heart Association (AHA) mengungkapkan bahwa serat dapat membantu mengelola kolesterol dan mencegah masalah kardiovaskular. Mengutip laman medicalnewstoday.com, di dalam 142 gram mentimun mengandung 193 mg potasium dan 17 mg magnesium. Konsumsi asupan kalium dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan cucurbitacin dalam mentimun turut membantu mencegah ateroklerosis.

NAOMY A. NUGRAHENI


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *