7 Makanan Sarapan Terbaik untuk Kesehatan Otak Menurut Ahli Diet

Perlu diingat bahwa makan untuk kesehatan otak dan fungsi kognitif yang optimal tidak hanya terkait dengan sarapan


0

Dengan memasukkan makanan yang sebenarnya ke dalam tubuh Anda setiap pagi bukan hanya tentang mengisi bahan bakar tangki energi Anda. Makan sarapan berkualitas tinggi yang penuh nutrisi sebenarnya akan membantu Anda tampil lebih baik di tempat kerja (dan saat bermain) dan meningkatkan kesehatan otak Anda secara keseluruhan, menurut beberapa penelitian.

Misalnya, sebuah studi April 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa remaja yang makan sarapan bergizi memiliki kinerja kognitif yang lebih baik di sekolah dibandingkan dengan mereka yang tidak. Sebuah studi kecil tahun 2016 di Neuroscience & Medicine menunjukkan bahwa area tertentu di otak mengalami aktivasi yang jauh lebih tinggi ketika peserta dewasa muda mengonsumsi sarapan bergizi seimbang daripada sarapan yang diisi gula. Dan sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Psychophysiology menyimpulkan bahwa melewatkan sarapan dapat berdampak negatif pada kognisi jangka pendek, khususnya mengganggu proses perhatian.

Ahli diet Tony Amidor mengatakan makan sarapan setiap hari harus menjadi prioritas utama. Meskipun tidak ada waktu resmi Anda harus sarapan, Amidor merekomendasikan makan dalam waktu sekitar satu jam setelah bangun tidur, meskipun itu hanya sesuatu yang kecil — seperti yogurt dengan buah atau sepotong roti gandum dengan selai kacang. “Anda tidak perlu sarapan yang rumit, tetapi harus mencakup beberapa kelompok makanan dengan makanan bergizi,” tambahnya.

Namun, perlu diingat bahwa makan untuk kesehatan otak dan fungsi kognitif yang optimal tidak hanya terkait dengan makan pagi Anda. “Ini akan selalu lebih tentang pola total dari apa yang Anda makan dan minum dalam sehari, dalam seminggu dan seterusnya, dibandingkan dengan makanan tunggal apa pun,” kata ahli diet Maggie Moon.

Konon, ada beberapa makanan sarapan yang lebih baik daripada yang lain dalam hal meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan otak secara keseluruhan. Berikut ini rekomendasi utama dua ahli diet untuk makanan sarapan yang baik untuk otak.

1. Salmon

Ikan ini menyediakan banyak asam lemak omega-3, khususnya DHA dan EPA, kata Amidor. Salmon adalah pilihan sarapan yang sangat baik khususnya karena DHA membuat sebagian besar lemak di otak Anda, jadi sangat penting untuk perkembangan otak, tambahnya. Penelitian menunjukkan bahwa DHA, baik sendiri atau dikombinasikan dengan EPA, berkontribusi pada peningkatan fungsi memori pada orang dewasa yang lebih tua.

2. Telur

Telur yang sederhana juga merupakan salah satu makanan terbaik yang ramah otak. “Mudah dimasak namun membuat segalanya lebih dekaden, sebutir telur mengandung kolin dan lutein, dua nutrisi penting yang membantu otak berkembang di tahun-tahun awal kita, kemudian melindunginya dari penurunan kognitif di usia paruh baya,” kata Moon, mengutip tinjauan 2018 manfaat telur yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition.

3. Oatmeal

Ada alasan mengapa oat sangat populer di kalangan ahli nutrisi: Secara keseluruhan, gandum telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif seperti pemahaman membaca yang lebih tinggi dan kefasihan verbal.

4. Kunyit

Memasukkan taburan bumbu kuning ini ke dalam makanan pertama hari Anda dapat meningkatkan kesehatan otak. Ini mengandung bahan kimia yang disebut kurkumin, yang telah terbukti memiliki manfaat memori dan kognitif pada orang dewasa yang sehat dan mereka yang menderita penyakit Alzheimer.

5. Berry

Siapa yang tidak suka buah beri segar saat sarapan? Makan pagi sederhana dari yogurt Yunani polos dengan stroberi segar, blueberry, dan almond cincang adalah cara meningkatkan otak untuk memulai hari Anda, kata Amidor. Sebuah tinjauan Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa anthocyanin, pigmen dalam buah beri yang memberi mereka warna yang kaya, dapat membantu melindungi sel-sel otak Anda dari oksidasi dan meningkatkan komunikasi antara neuron otak.

6. Kopi

Penelitian menunjukkan bahwa secangkir kopi hitam di pagi hari mempertajam waktu reaksi, meningkatkan kewaspadaan, dan membantu kita berpikir lebih jernih. Menurut Moon, ini mungkin karena kombinasi kafein dan antioksidan, serta kemampuan kopi untuk meningkatkan konektivitas fungsional otak—yaitu. seberapa baik berbagai daerah otak berbicara satu sama lain untuk menyelesaikan tugas.

7. Air

Oke, jadi ini sama sekali bukan makanan—tetapi menghidrasi dengan H20 sangat penting saat Anda bangun untuk memulai hari dan pikiran Anda. “Di rumah kami, kami menyebutnya ‘air otak’ karena itulah pentingnya kesehatan otak,” kata Moon. Otak kita hampir 75 persen terdiri dari air, yang berarti dehidrasi ringan pun dapat menumpulkan kinerja kognitif dan juga memengaruhi suasana hati Anda secara negatif.


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *