8 MAN Insan Cendekia Mendominasi 10 Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia

Madrasah Aliyah semakin menjadi pilihan banyak orang tua untuk menyekolahkan anaknya. MAN Insan Cendekia Serpong ranking 1 SMA terbaik.


0

Madrasah Aliyah semakin menjadi pilihan banyak orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Secara kualitas, Madrasah Aliyah Negeri kini tak jauh berbeda dengan SMA Negeri. Bahkan, MAN Insan Cendekia Serpong menjadi ranking 1 SMA terbaik se-Indonesia berdasarkan nilai UTBK.

Di beberapa provinsi pun, MAN Insan Cendekia dan Madrasah Aliyah Negeri banyak yang masuk daftar SMA terbaik. Tak sedikit yang berada di ranking 1.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah merilis daftar 1.000 SMA terbaik dari 4.432 SMA di Indonesia yang masuk kualifikasi. Pemeringkatan ini dilakukan berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK tahun 2020 – 2021.

Termasuk di dalam pemeringkatan ini adalah MA atau madrasah aliyah dan SMK.

Melansir dari laman LTMPT, sekolah yang diikutkan dalam pengukuran ini merupakan sekolah dengan jumlah peserta yang mengikuti UTBK 2021 sebanyak lebih dari 40 orang. Adapun jumlah sekolah yang memenuhi kriteria ini sebanyak 4.432 sekolah dari 23.110 SMA sederajat di tanah air. Nilai Total dihitung adalah berdasarkan hasil 50 persen Nilai UTBK 2021 dan 50 persen Nilai UTBK 2020.

Nilai UTBK 2021 dihitung berdasarkan hasil 60 persen Tes Potensi Skolastik atau TPS ditambah 40 persen Tes Potensi Akademik atau TKA. TPS berdasarkan rerata TPS tiap peserta, sementara TKA berdasarkan rerata TKA (Saintek dan Soshum) tiap peserta dari sekolah tersebut. Sedangkan Nilai UTBK 2020 dihitung sesuai kriteria pada tahun 2020.

Berikut 10 Madrasah Aliyah atau MA terbaik di Indonesia berdasarkan rangking yang dirilis LTMPT dengan kategori MA.

1. MAN Insan Cendekia Serpong

Madrasah Aliyah Negeri atau MAN Insan Cendekia Serpong menjadi MA terbaik versi LTMPT dengan nilai 637,807. Nilai tersebut juga mengantarkan sekolah ini menduduki posisi nomor wahid sebagai SMA terbaik di Indonesia tahun ini. Tahun sebelumnya, MAN Insan Cendekia Serpong yang berlokasi di Kota Tangerang Selatan, Banten ini berada di posisi kedua di bawah SMAN Unggulan M.H. Thamrin.

2. MAN Insan Cendekia Gorontalo

Madrasah Aliyah terbaik kedua ditempati oleh MAN Insan Cendekia Gorontalo dengan nilai 597,665. Nilai tersebut juga menempatkan MA yang terletak di Kabupaten Bone Bolango ini di posisi ke 25 SMA terbaik di Indonesia.

3. MAN Insan Cendekia Pekalongan

MAN Insan Cendekia Pekalongan menempati posisi Madrasah Aliyah terbaik ketiga setelah MAN Insan Cendekia Gorontalo dengan nilai 592,763. Madrasah Aliyah Negeri yang ada di Pekalongan, Jawa Tengah ini juga memperoleh peringkat SMA terbaik di urutan 34 di Indonesia, naik 11 tingkat dari rangking tahun sebelumnya.

4. MAN 2 Kota Malang

MAN 2 Kota Malang menjadi Madrasah Aliyah terbaik keempat versi LTMPT dengan nilai 592,212. Nilai tersebut juga menempatkan MAN 2 Malang di 50 besar SMA terbaik di Indonesia dan berada di urutan 35, naik 26 tingkat dari rangking tahun 2020. MAN 2 Kota Malang berada di kota Malang, Jawa Timur.

5. MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

Madrasah Aliyah terbaik di posisi kelima ditempati oleh MAN Insan Cendekia Padang Pariaman. MA yang ada di Sumatera Barat ini mendapatkan nilai 579,010 dari LTMPT sekaligus menempatkannya di posisi 70 di antara 1.000 SMA terbaik tahun ini, dengan kenaikan peringkat yang signifikan dari yakni naik 86 tingkat.

6. MAN Insan Cendekia Kota Batam

MAN Insan Cendekia Kota Batam merupakan SMA dari Sumatera yang masuk 10 besar MA terbaik, dengan nilai sebesar 569,553. Nilai tersebut menempatkan Madrasah Aliyah yang ada di Kepulauan Riau ini di posisi ke 126 SMA terbaik di Indonesia. Pandemi Covid-19 tak membuat MA ini terpuruk, bahkan peringkatnya naik hingga 157 dari peringkat di tahun sebelumnya.

7. MAN Insan Cendekia OKI

Madrasah Aliyah terbaik ketujuh ditempati oleh MAN Insan Cendekia OKI dengan nilai 566,963. MAN yang terletak di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan ini mengalami kenaikan peringkat sebesar 27 tingkat di kategori 1.000 SMA terbaik, selain menempati posisi MA terbaik ke 7, sekolah ini juga menduduki posisi ke 134 SMA terbaik di Indonesia tahun ini.

8. MAN Insan Cendekia Jambi

Posisi kedelapan MA terbaik di Indonesia adalah MAN Insan Cendekia Jambi yang terletak di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Madrasah Aliyah Negeri ini mendapat nilai 563,897 dari LTMPT dan ada di posisi 147 SMA terbaik tahun ini.

9. MAN Insan Cendekia Lombok

MAN Insan Cendekia Lombok merupakan Madrasah Aliyah terbaik kesembilan versi LTMPT dengan nilai 562,729. Nilai tersebut menempatkan MAN Insan Cendekia Lombok sebagai SMA terbaik sedikit di bawah MAN Insan Cendekia Jambi, yakni di posisi 156, naik secara signifikan selama pandemi Covid-19 sebanyak 184 tingkat.

10. MAS Zakaria

Madrasah Aliyah swasta yang berlokasi di Kota Bandung Jawa barat menduduki posisi ke-10 MA terbaik di Indonesia setelah MAN Insan Jambi dan MAN Insan Lombok, dengan nilai 561,282. MAS Zakaria berada di ranking 22 SMA terbaik di Jawa Barat dan 168 di tingkat nasional, naik 43 peringkat.

HENDRIK KHOIRUL MUHID


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *