Adele Latihan Kebugaran 3 Kali Sehari, Pakar Ungkap Efek Olahraga Berlebihan

Olahraga penting untuk hidup sehat, tapi tiga kali sehari seperti Adele dianggap berlebihan, efeknya buruk pada otot, sendi tubuh, dan sistem imun.


0

Adele mengaku berolahraga dua hingga tiga kali sehari, dalam wawancaranya dengan majalah Vogue untuk edisi November 2021. Rutinitas ini membantu tubuhnya bugar dan berat badannya turun sampai 45 kilogram.

Namun, rutinitas latihan intens penyanyi asal Inggris itu berisiko tinggi dalam jangka panjang. Para ahli medis mengatakan bahwa aktivitas kebugaran ekstrem dapat memiliki efek buruk pada otot, sendi tubuh, dan sistem imun.

Kepala petugas medis WebMD John Whyte mengatakan rutinitas olahraga ringan sangat penting untuk hidup sehat. “Tapi berolahraga dua sampai tiga kali sehari terlalu banyak,” kata dia, seperti dilansir dari New York Post.

Olahraga berlebihan sering kali mengakibatkan lebih banyak cedera. “Saat kita berolahraga, kita memberi tekanan pada otot, tulang, dan organ kita. Dan jika kita tidak memberi kesempatan pada bagian tubuh itu untuk sembuh setelah digunakan, fungsinya bisa memburuk,” kata dia.

Selain itu, rutinitas olahraga yang berlebihan juga bisa menyebabkan sistem imunitas menurun.

“Ketika melakukannya secara berlebihan di gym, itu membuat tubuh dan otot stres,” jelas Whyte. “Tubuh kemudian memproduksi kortisol sebagai respons terhadap stres kronis itu. Dan peningkatan kadar kortisol dapat menekan kemampuan sistem kekebalan untuk menangkal penyakit,” kata dia.

Adele mulai tertarik pada olahraga dalam dua tahun terakhir. Menurut dia, aktivita situ membuat dia memiliki kesehatan emosional yang lebih baik.

“[Gym] menjadi me time,” kata Adele kepada Vogue. Dia menambahkan bahwa dia tidak mengikuti diet tertentu meskipun ada laporan sebelumnya bahwa dia menjalani diet sirtfood.

Sebagai gantinya, ia mengikuti rutinitas latihan kardio dan latihan kekuatan yang ketat di bawah pengawasan instruktur kebugaran dan salah satu pemilik gym Heart & Hustle, New York, Gregg Miele.

Atas desakan penyanyi berusia 33 tahun itu, Miele meningkatkan latihannya menjadi beberapa kali sehari.

“Saya menyadari bahwa ketika saya berolahraga, saya terbebas kecemasan apa pun,” kata pemenang Grammy Award dan ibu satu anak itu.

Dia kembali menegaskan bahwa olahraga yang dia lakukan bukan untuk menurunkan berat badan. “Saya berpikir, ‘Jika saya bisa membuat tubuh saya kuat secara fisik, dan saya bisa merasakan itu dan melihatnya, mungkin suatu hari nanti saya bisa membuat emosi dan pikiran saya kuat secara fisik,'” kata Adele.


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *