Ini Deretan Prestasi Pelajar Indonesia di Level Internasional Selama Pandemi

Pandemi tidak menghalangi beberapa pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk tetap berprestasi.


0

Pandemi virus corona turut berdampak pada dunia pendidikan lantaran setahun lebih siswa diminta belajar dari rumah. Meski begitu, beberapa pelajar dan mahasiswa Indonesia tetap mampu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Merangkum beberapa postingan akun Instagram Pusat Prestasi Nasional yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut prestasi internasional pelajar dan mahasiswa Indonesia selama Mei hingga Juni 2021:

Dalam ajang di bidang kapal robotika ini, tim mahasiswa Barunastra dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meraih juara pertama untuk kategori Website dan Skill Video (Hull Design) serta juara dua untuk kategori Technical Design Report.

Tim Bengawan UV dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta juga berhasil menyabet juara dua untuk kategori Skill Video (Hull Design) dan Skill Video (Sensor Optimization).

Tak ketinggalan, tim AMV Universitas Indonesia dari UI mendapat juara tiga untuk kategori Skill Video (Sensor Optimization).

Pikatan Arya Bramajati dari SMA Semesta BBS Semarang adalah pelajar yang berhasil mendapat medali emas dalam ajang olimpiade informatika internasional ini. Sementara itu, medali perak berhasil diperoleh tiga pelajar lain yakni Nicholas Patrick dari SMA Cita Hati Christian Surabaya, Edbert Geraldy Cangdinata dari SMA Sutomo 1 Medan, dan Rama Aryasuta Pangestu dari SMA Kanisius Jakarta.

Dengan perolehan Certificate of Excellence, prestasi Mobile Robotics Indonesia telah disejajarkan dengan Cina, Jepang, dan Macau. Sertifikat ini didapatkan oleh dua kompetitor Indonesia, Kevin Rafi Kurniawan dan Andreas Dani Nata, bersama dengan Chief Expert Anhar Risnumawan.

Dalam ajang APIO ini, pelajar Indonesia berhasil memperoleh 1 medali emas, 3 medali perak, dan 2 medali perunggu. Medali emas diperoleh pelajar asal SMA Kanisius Jakarta, Rama Aryasuta Pangestu. Medali perak diperoleh Pikatan Arya Bramajati dari SMA Semesta BBS Semarang, Juan Carlo dari SMAK Intan Permata Hati Surabaya, dan Nicholas Patrick dari SMA Cita Hati Christian Surabaya. Sementara medali perunggu diperoleh Bryan Riconga dari SMAN 1 Tuban dan M. Utomo Quok dari SMA Xin Zhong Surabaya.

Penghargaan dalam kompetisi penelitian bergengsi tingkat dunia ini didapatkan oleh tim dari SMAN 28 Jakarta dan SMAN Bali Mandara. Masing-masing tim mewakili bidang lomba Fisika Terapan & Rekayasa serta Ilmu Sosial & Humaniora. Kedua tim tersebut akhirnya berhasil menyabet 1 special award dan 2 grand award.

SEM merupakan ajang kompetisi internasional dalam inovasi kendaraan hemat. Sebanyak 2 tim, masing-masing dari UNY dan ITS berhasil menyabet juara pertama dalam kategori Vehicle Design Award for Urban Concept dan Data & Telemetry Award. Dua tim pelajar lain yang berprestasi, masing-masing dari ITB dan UI juga berhasil memperoleh juara dua dalam kategori Data & Telemetry Award dan Safety Award.

SITI NUR RAHMAWATI

Juara 3 di Ajang Desain Kapal Internasional, Ini yang Ditawarkan Mahasiswa UI


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *