Jajanan Hasil Olahan Aci, Si Kenyal Gurih yang Bikin Nagih

Rasanya yang gurih, teksturnya yang kenyal dan harganya yang murah, membuat olahan aci mudah disukai banyak orang.


0

Beragam makanan yang terbuat dari aci selalu punya tempat di lidah masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih, teksturnya yang kenyal dan harganya yang murah mudah disukai banyak orang.

Aci berasal dari singkong yang telah melalui berbagai proses untuk diambil patinya. Pati itu menjadi tepung yang kemudian bisa diolah menjadi beragam makanan.

Secara umum, aci akan dibuat seperti adonan lalu dibentuk sesuai hidangan yang akan dibuat. Berikut sejumlah camilan dari aci yang jadi favorit:

Cilor

Cilor merupakan gabungan dari olahan aci dan telur. Aci biasanya diolah dalam bentuk bulat atau kotak kecil.

Aci itu kemudian dicampur dengan adonan telur lalu digoreng menggunakan sedikit minyak. Hasil olahannya bisa ditambahkan bubuk cabai ataupun aneka bubuk perasa lainnya.

Bakso aci

Untuk yang suka makanan berkuah, bakso aci bisa jadi pilihannya. Meskipun bernama aci, nyatanya bahan pembuatan bakso aci tak hanya terbuat dari aci saja, melainkan ada tepung tapioka dan tepung terigu.

Tekstur kenyalnya membuat rasa bakso aci tak kalah jika dibandingkan dengan bakso daging pada umumnya. Apalagi, dari segi harga bakso aci juga dijual dengan harga yang lebih murah.

Cireng

Aci dalam sajian ini digoreng, makanya disebut cireng alias aci goreng. Untuk membuatnya cukup mencampurkan aci dengan sederet bumbu yang telah disiapkan seperti garam dan bawang putih, lalu dibentuk, diamkan sebentar dan digoreng.

Hasilnya, cireng akan memiliki tekstur garing di bagian luar dan kenyal di bagian dalam. Kini ada juga varian cireng isi, dimana di dalam adonan ditambahkan bahan lain seperti ayam suwir, keju, kornet dan lainnya.

Cilok

Cilok singkatan dari aci dicolok. Bentuknya yang bulat dan dicolok dengan tusukan membuat cilok ini memiliki rupa yang mirip dengan sate.

Cara membuatnya mirip dengan cireng, hanya saja untuk cilok proses pematangannya dilakukan dengan cara direbus. Tambahkan saus sambal atau berbagai saus lainnya sesuai selera untuk menambah cita rasa dari cilok.

Tahu aci

Bukan tahu biasa, olahan aci satu ini memiliki tekstur yang unik, yakni lembut dari tahu dan kenyal dari aci. Untuk memberikan cita rasa yang lebih sedap, maka pembuatnya perlu menambahkan penyedap rasa dan bawang daun yang telah diiris.

Cara membuatnya cukup dengan mencampurkan semua bahannya adonan dan masukkan adonan ke bagian tengah tahu. Kemudian, tahu siap digoreng dan berubah menjadi tahu aci yang lezat.

Cimol

Berbeda dari yang sebelumnya, cimol merupakan singkatan dari aci digemol. Bentuk cimol adalah bulat dengan ukuran yang lebih kecil dari cilok. Jika ingin membuatnya, tambahkan tepung tapioka dan kaldu untuk membuat rasa cimol semakin sedap. Lalu, gorenglah cimol dengan api kecil agar bisa matang dengan merata. Kuliner ini mudah ditemui di pinggir jalan.

LAURENSIA FAYOLA


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *