Kawasan Lagoi Jadi Pilot Project Pembukaan Turis Asing ke Kepulauan Riau

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bersama pengelola wisata di Lagoi telah melakukan persiapan pembukaan wisata untuk turis asing.


0

Kawasan wisata Bintan Beach Resort (BBR) di Lagoi Kabupaten Bintan Kepulauan Riau akan menjadi pilot project menjelang pembukaan pintu kunjungan wisatawan mancanegara. Kementerian Perhubungan meminta pemerintah daerah setempat menyiapkannya.

“Menhub Budi Karya Sumadi meminta Pemprov Kepri segera menyiapkan pilot projet terlebih dahulu sebelum menerima wisatawan mancanegara,” kata Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Ahad, 10 Oktober 2021.

Menurut Ansar, BBR selaku pengelola kawasan wisata Lagoi dipilih karena kawasan itu betul-betul tidak langsung berafiliasi ke masyarakat secara langsung. Kondisi itu dinilai lebih aman bagi wisatawan maupun masyarakat setempat.

Pemerintah Kepri pun mulai membahas kesiapan tersebut bersama BBR terkait segala aturan yang harus dipersiapkan. Kesiapan dimaksud seperti tes cepat molekuler (TCM) yang hanya 1 jam sudah bisa menghasilkan hasil tes usap PCR dan lain sebagainya.

Selain itu, Kemenhub dan Kepri membahas rencana pembukaan empat pintu masuk bagi wisatawan mancanegara. Beberapa titik jalur yang rencana akan mulai dibuka adalah Bandara Batam dan Tanjungpinang, Nongsa, Bandar Bentan Telani, Pelabuhan Tanjungpinang, Harbourbay dan Batam Center.

Adapun terkait perkembangan kasus Covid-19 di Singapura, menurut Ansar, hal tersebut telah menjadi kebijakan pemerintah pusat dan akan segera dibahas dalam rapat terbatas. Singapura adalah wisatawan mancanegara yang mendominasi kunjungan ke Lagoi. “Mudah-mudahan besok ada keputusan, mana yang boleh dibuka dan mana belum,” ujarnya.


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *