Kenali Batas Normal Konsumsi Lemak dan Rasakan Manfaatnya Bagi Tubuh

Tubuh tidak dirancang untuk antipati terhadap lemak. Kenali batasan normal untuk memperoleh manfaat lemak bagi tubuh.


0

Tubuh kita sebenarnya memerlukan berbagai jenis nutrisi dan vitamin. Sehingga, bila diatur secara tepat, semua nutrisi dan vitamin akan berguna bagi kesehatan tubuh. Kuncinya dalam batas yang normal. Tak terkecuali lemak.

Lemak tak selalu buruk. Jangan terstigma bahwa lemak adalah sesuatu serupa virus atau bakteri yang akan merusak tubuh. Karena secara dasarnya, fungsinya, lemak merupakan sumber energi dalam makanan manusia, bersama dengan nutrisi lain seperti karbohidrat dan protein, yang merupakan dua makronutrien utama. Lemak dapat disimpan dalam jaringan lemak tubuh dan akan melepaskan asam lemak saat energi dibutuhkan.

Lemak merupakan salah satu nutrisi penting yang esensial dalam tubuh. Orang-orang kebanyakan mengasosiasikan makanan berlemak tinggi dengan dampaknya yang buruk bagi kesehatan. Namun, nyatanya kita membutuhkan lemak tertentu untuk membantu menjaga kesehatan agar tetap optimal.

Secara efektif, lemak memberikan energi dan membantu menjalankan berbagai fungsi tubuh. Namun, sangatlah penting untuk mengonsumsi lemak yang sehat. Misalnya lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Selain itu, juga harus membatasi atau menghindari lemak jenuh dan lemak trans.

Lemak bertindak sebagai sumber energi dalam makanan manusia, bersama dengan nutrisi lain seperti karbohidrat dan protein, yang merupakan dua makronutrien utama. Lemak dapat disimpan dalam jaringan lemak tubuh dan akan melepaskan asam lemak saat energi dibutuhkan.

Manfaat Lemak bagi Tubuh

Di luar dari reputasinya yang buruk, lemak menyimpan manfaat bagi tubuh. Sebab, sudah banyak penelitian yang mengungkap bahwa penumpukan lemak dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit. Namun, sebenarnya tak semua lemak berdampak buruk. Lemak juga memiliki manfaat bagi tubuh.

Sebuah penelitian di University of California menyebutkan bahwa sel lemak di bawah lapisan kulit berfungsi melindungi tubuh dari infeksi. Kenali manfaat lemak berikut bagi kesehatan tubuh:

Lemak memegang peranan penting dalam tubuh, termasuk untuk menyimpan energi. Penyimpanan lemak juga membantu kita bertahan melalui musim dingin. Melansir laman AARP, memiliki cadangan lemak dapat membantu pasien kanker yang sering kehilangan berat badan dan menjadi lemah ketika stadium penyakitnya berlanjut.

12 Selanjutnya

Vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, E, D dan K akan diserap dalam jaringan lemak tubuh. “Jika orang mengurangi semua lemak dalam makanan mereka, mereka akan kekurangan vitamin itu,” sebut Dain LaRoche, seorang ahli kinesiologi dan profesor di University of New Hampshire, dikutip Tempo dari laman AARP.

Dengan menghilangkan makanan yang mengandung lemak, kita akan kehilangan nutrisi yang berperan dalam beberapa hal. Misalnya mengurangi peradangan, pembekuan darah, menjaga kesehatan kulit dan memperkuat tulang. Anda dapat menemukannya dalam produk susu yang diperkaya, ikan air dingin, wortel, alpukat, dan lainnya.

Lemak juga berperan baik ketika tubuh merasa kednginan. Dalam cuaca dingin tulang, seseorang dengan berat badan lebih dari orang lain akan lebih diuntungkan. Hal ini terjad sebab lemak adalah isolator. Singkatnya, lemak menghambat kehilangan panas.

Lemak visceral atau lemak yang terletak di sekitar organ tubuh menyediakan bantalan dan sumber energi untuk ginjal, hati, serta jantung. LaRoche menyebutkan, lemak memberikan lapisan perlindungan, layaknya penghalang terhadap trauma fisik.

“Ada efek negatif dari memiliki terlalu sedikit lemak dan efek negatif dari memiliki terlalu banyak lemak. Karena dua pertiga dari Amerika kelebihan berat badan atau obesitas, kita memiliki masalah yang lebih besar dengan terlalu banyak lemak,” lanjut LaRoche.

Pedoman Diet Orang Amerika menyatakan, seseorang harus mengonsumsi 20–35 persen kalori dari lemak sehat.

Anda dapat menemukan lemak sehat dalam beberapa makanan seperti:

ANNISA FEBIOLA


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *