Nonton Wayang Jawa dan Wayang Sasak di Road to Festival Pesona Senggigi Lombok

Sejumlah hotel di kawasan Senggigi, Lombok, NTB, menjadi tuan rumah acara Road to Festival Pesona Senggigi. NTB siap menyambut World Superbike 2021.


0

Kawasan wisata Senggigi di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), ramai pergelaran seni dan budaya pada Sabtu malam, 2 Oktober 2021. Ada empat pertunjukan yang berlangsung saat itu, yakni Tari Gandrung, Musik Cepung, dan musik kolaborasi di Hotel The Jayakarta.

Sementara di Hotel Aruna Senggigi dan Hotel Kila Senggigi, Lombok, masing-masing berlangsung pergelaran wayang kulit Jawa dan wayang Sasak. Ada pula live music yang mengalun selama pameran ekonomi kreatif di Hotel Holiday Resort Lombok.

Semua agenda hiburan dan pameran itu merupakan ajang promosi dalam Road to Festival Pesona Senggigi selama tiga hari, Jumat-Ahad, 1-3 Oktober 2021. Dari acara tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat dan para pelaku UMKM menerapkan adaptasi baru untuk mengisi acara menyambut World Superbike yang akan berlangsung pada November 2021 dan MotoGP Mandalika 2022.

“Acara ini menjadi upaya awal dalam menunjukkan bahwa kami siap,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Saepul Akhkam. Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat menggandeng sejumlah hotel di kawasan Senggigi dalam menggelar berbagai acara untuk menghibur dan menarik minat tamu hotel maupun dari luar hotel.

Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid yang menyaksikan Pergelaran Wayang Sasak Lalu Nasib di Hotel Kila Senggigi Beach, Lombok, senang dengan cukup banyaknya penonton yang datang. “Tingkat hunian hotel bertambah signifikan dengan adanya acara ini,” katanya.

Fauzan menjelaskan, rata-rata okupansi hotel di Senggigi, Lombok, sekitar 40 persen. Sementara tingkat hunian di hotel yang menjadi lokasi acara Road to Festival Pesona Senggigi mencapai 60 persen. Bahkan Hotel Holiday Resort Lombok tempat pameran ekonomi kreatif sudah penuh disewa. Kondisi ini, menurut Fauzan, menunjukkan bahwa wisatawan masih antusias datang asalkan pengelola destinasi wisata bisa mengemas agenda yang menarik.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi mengapresiasi suksesnya acara Road to Festival Pesona Senggigi di Kabupaten Lombok Barat. Yang penting, menurut dia, penyelenggara mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Saya harap para pelaku seni dan pengusaha pariwisata terus mempertahankan marwah Senggigi sebagai salah satu kawasan wisata dengan fasilitas dan akomodasi terbaik di NTB,” ucapnya.

Seorang wisatawan asal Pulau Jawa yang menyaksikan pertunjukan wayang Jawa, Arini tampak menikmati acara. “Saya senang sekali karena hampir dua tahun ini tidak bisa menyaksikan acara secara langsung,” ucapnya. Senada dengan Arini, seorang penonton yang menyaksikan pergelaran wayang Sasak, Ahmad juga antusias dan baru kali ini menonton wayang secara langsung. “Sebelumnya cuma bisa lihat lewat televisi. Ternyata lebih seru nonton langsung,” ucapnya.


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *