Nyeri Sendi Tak Kunjung Sembuh, Saatnya Lengkuas Turun Tangan

Sama halnya rempah bumbu masakan lain, lengkuas juga punya segudang manfaat untuk kesehatan. Antara lain untuk meredakan nyeri sendi dan kolesterol.


0

Sama halnya rempah bumbu masakan lain, lengkuas juga punya segudang manfaat untuk kesehatan. Lengkuas adalah akar dari tanaman Alpinia officinarum yang berasal dari Asia Selatan. Tanaman ini berkerabat dengan jahe, berfungsi sebagai penyedap alami masakan. Paling utama sering dimanfaatkan sebagai penghilang bau amis ayam dan daging.

Secara rinci, dalam 100 gram lengkuas mengandung energi dan zat gizi sebagai berikut, energi 26 kkal, protein 1 gram, lemak 0,3 gram, karbohidrat 4,7 gram, serat 1,1 gram, vitamin A 5.000 mikrogram, viamin (vitamin B1) 0,08 miligram, riboflavin (vitamin B2) 0,06 miligram, niasin (vitamin B3) 0,3 miligram, vitamin C 50 miligram, kalsium 50 miligram, fosfor 50 miligram, zat besi 2 miligram, natrium 24 miligram, zalium: 137 miligram dan zinc 0,3 miligram.

Lengkuas pun merupakan sumber berbagai antioksidan dan zat fitokimia yang berguna bagi tubuh. Beberapa di antaranya yaitu beta-sitosterol, galangin, emodin, quercetin, dan polifenol.

Lebih jauh lagi, manfaat lengkuas untuk kesehatan ada beragam, di antaranya meredakan nyeri sendi, meningkatkan kesuburan pria, menurunkan kadar gula darah dan kolestrol, mengurangi risiko terkena penyakit kanker tertentu, mengatasi gangguan pernapasan, membunuh dan menghambat perkembangan virus dan bakteri, mengobati diare, meringankan gejala asma, meredakan batuk, sakit tenggorokan, dan suara serak serta mampu membantu mengobati luka bakar.

RAUDATUL ADAWIYAH NASUTION


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *