Tak Hanya Indah, Tari Balet Memberikan Segudang Manfaat Bagi Tubuh

Selain menampilkan gerakan yang indah, tari balet juga memberikan segudang manfaat bagi tubuh yang jarang diketahui.


0

Tari balet menawarkan keindahan dalam gerakan tariannya. Tak mengherankan, tarian ini memiliki banyak penggemar Tak hanya perempuan, tari balet juga dapat dipelajari oleh laki-laki dari berbagai kalangan usia. Selain memiliki daya tarik yang indah pada gerakannya, tari balet juga dapat dijadikan sarana olahraga yang menyehatkan tubuh.

Jarang diketahui, tari balet menyimpan segudang manfaat untuk tubuh, baik kesehatan mental maupun fisik. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat dari tari balet.

Prinsip utama dalam tari balet yaitu keseimbangan, kelenturan, kekuatan, dan ketenangan antar otot-otot tubuh, terutama otot kaki. Gerakan tarian balet yang terbilang kompleks, mulai dari gerakan yang berlawanan arah hingga gerakan mengangkat kaki 180 derajat dan mencium lutut sambil menyesuaikan dengan irama musik. Kondisi ini membuat tubuh terlatih akan tuntutan kelenturan dan keseimbangan melalui kekuatan kaki.

Tarian balet dapat melatih keterampilan bersosialisasi dengan orang lain. Tak jarang, tarian balet dilakukan secara berkelompok untuk menghasilkan gerakan yang indah. Maka, untuk mencapai harmoni gerakan satu sama lain, dibutuhkan kerjasama dan meminimalisir ego agar tidak mendominasi dalam sebuah gerakan. Selain itu, tari balet dapat memperluas pengalaman dan jaringan pertemanan karena bertemu dengan orang-orang baru di dalamnya.

Salah satu momen yang ditunggu-tunggu dalam mengikuti tari balet adalah pementasannya. Melalui pementasan tersebut, melatih diri untuk lebih percaya kepada diri sendiri dengan tampil di hadapan orang banyak.

Gerakan dalam tarian balet membutuhkan tingkat fokus yang tinggi. Tari balet yang begitu kompleks menuntut diri berlatih sesering mungkin untuk mendapatkan gerakan yang maksimal dan indah. Dalam proses latihan inilah dapat dijadikan ajang olahraga sekaligus relaksasi. Kondisi ini dapat menciptakan kepuasan tersendiri ketika berhasil memfokuskan diri secara penuh pada urutan-urutan gerakan tari balet sehingga dapat dikatakan latihan gerakan tari balet dapat dijadikan ajang mediasi.

Dengan demikian, tari balet merupakan salah satu aktivitas yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, seperti melatih koordinasi gerakan antar bagian tubuh, membangun kepercayaan diri, membangun keterampilan sosial, dan meningkatkan kekuatan mental dan fokus.

NAOMY A. NUGRAHENI


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *