Tips WhatsApp: Cara Gunakan Fitur Ganti Nomor di Ponsel Android dan iPhone

Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp akan bisa memindahkan informasi akun, termasuk foto profil, nama, info, chat, dan setelan dari nomor lama ke baru.


0

Aplikasi pesan WhatsApp memiliki fitur Ganti Nomor. Dengan fitur ini, pengguna akan bisa memindahkan informasi akun, termasuk foto profil, nama, info, chat individual, chat grup, dan setelan dari nomor telepon lama ke nomor telepon baru.

“Menghapus akun yang diasosiasikan dengan nomor telepon lama sehingga kontak Anda tidak lagi dapat melihat nomor telepon Anda yang lama di daftar kontak WhatsApp mereka,” tertulis dalam Pusat WhatApp.

Pengguna dapat memilih apakah ingin memberitahukan kontak mengenai penggantian nomor barunya atau tidak. Chat grup juga akan diberi tahu ketika pengguna mengganti nomor telepon, terlepas dari pilihan untuk memberi tahu kontak atau tidak.

Agar dapat tetap terhubung dengan kontak pengguna, aplikasi besutan Facebook itu menyarankan untuk menginformasikan kepada kontak mengenai nomor baru yang digunakan sebelum mengganti nomor. Dan meminta kontak untuk melakukan perubahan yang diperlukan di buku alamat telepon mereka.

“Sebagai catatan, jika Anda mengganti nomor tapi tetap menggunakan telepon yang sama untuk nomor yang baru, riwayat chat akan tetap tersedia pada telepon Anda,” kata aplikasi berlogo gagang telepon itu.

Sebelum mengganti nomor, pastikan bahwa nomor baru pengguna dapat menerima SMS atau panggilan dan memiliki koneksi seluler yang aktif. Pastikan juga bahwa nomor lama terdaftar di WhatsApp. Pengguna dapat mengetahui nomor telepon yang terdaftar dengan membuka WhatsApp, lalu mengetuk Opsi Lainnya, pilih Setelan, dan ketuk foto profil.

Berikut cara menggunakan fitur Ganti Nomor di ponsel Android dan iPhone:

Android

Jika pengguna mengganti nomor dan tetap menggunakan telepon yang sama, terlebih dahulu masukkan kartu SIM dengan nomor yang baru ke telepon. Kemudian, buka WhatsApp, pilih Opsi Lainnya, lalu Setelan, ketuk Akun, Ganti Nomor, dan Lanjut.

Masukkan nomor telepon lama di bidang pertama dan nomor telepon baru di bidang kedua. Harap pastikan bahwa nomor lama dan nomor baru dalam format internasional lengkap, terdiri dari tanda plus (+) diikuti kode negara, kode area, dan nomor telepon lokal.

Setelah itu, ketuk Lanjut. Jika pengguna menyalakan Beri Tahu Kontak, maka dapat memilih apakah ingin memberitahukan Semua kontak, Kontak di Daftar Chat, atau Khusus. Pengguna perlu mencari atau memilih kontak yang ingin diberi tahu, lalu mengetuk tanda centang. Selain itu chat grup pengguna juga akan diberi tahu ketika mengganti nomor telepon, terlepas dari pilihan untuk memberi tahu kontak.

Terakhir, pilih Selesai, dan pengguna akan diminta untuk mendaftarkan nomor telepon baru. Selain itu, jika ingin mentransfer riwayat chat, pengguna perlu membuat cadangan Google Drive pada telepon yang lama. Jika tidak membuat cadangan menggunakan Google Drive, pengguna perlu mentransfer cadangan secara manual.

Setelah mengganti nomor pada telepon yang lama, kemudian pengguna perlu memasang WhatsApp pada telepon baru, daftarkan nomor telepon yang baru, lalu pulihkan cadangan.

iPhone

Masukkan kartu SIM dengan nomor yang baru ke telepon pengguna. Lalu, buka Pengaturan WhatsApp, ketuk Akun, pilih Ganti Nomor, dan Lanjut. Masukkan nomor telepon lama di bidang pertama dan nomor telepon baru di bidang kedua. Perlu dipastikan bahwa nomor lama dan nomor baru dalam format internasional lengkap. Kemudian ketuk lanjut.

Jika pengguna menyalakan Beri Tahu Kontak, maka dapat memilih apakah ingin memberitahukan Semua kontak, Kontak yang berada di daftar chat saya, atau Khusus, tapi pengguna perlu mencari atau memilih kontak yang ingin diberi tahu, lalu mengetuk Selesai. Chat grup akan secara otomatis diberi tahu ketika pengguna mengganti nomor telepon, terlepas dari pilihan untuk memberi tahu kontak.

Terakhir, pilih Selesai, pengguna akan diminta untuk mendaftarkan nomor telepon baru. Untuk mentransfer riwayat chat, pengguna perlu membuat cadangan iCloud atau komputer pada telepon yang lama. Jika pengguna tidak membuat cadangan iCloud atau komputer, silakan kunjungi situs web Dukungan Apple untuk informasi selengkapnya mengenai cara memulihkan cadangannya.

Setelah mengganti nomor pengguna pada telepon yang lama, langkah selanjutnya untuk menggunakan telepon yang baru adalah cukup install WhatsApp, daftarkan lagi nomor baru pengguna, lalu pulihkan cadangan.


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *