Top 3 Tekno Berita Kemarin: Molnupiravir, Buaya Dilepas ke Sungai, Gempa Tokyo

Top 3 Tekno Berita Kemarin, Jumat 8 Oktober 2021, dipuncaki artikel molnupiravir. Sejumlah negara tetangga sudah langsung berburu pil buatan Merck itu


0

Top 3 Tekno Berita Kemarin, Jumat 8 Oktober 2021, dipuncaki artikel tentang molnupiravir. Sejumlah negara tetangga Indonesia sudah langsung berburu pil buatan Merck itu sekalipun seluruhnya belum memberikan izin edar atau EUA. Sebabnya, klaim dari hasil sementara uji klinisnya yang menyatakan efektif sebagai obat Covid-19 karena mampu mengurangi gejala berat sampai 50 persen dan mencegah kematian.

Terpopuler kedua adalah cerita evakuasi buaya tiga meter dari kolam penangkarannya selama ini dan dipindahkan ke sungai. Buaya sebelumnya dievakuasi dari tempat penangkarannya karena dianggap meresahkan warga sekitar.

Lalu, terpopuler ketiga datang dari peristiwa gempa berkekuatan Magnitudo 6,1 yang mengguncang Tokyo, Jepang, Kamis malam 7 Oktober 2021. Disebutkan gedung atau bangunan bergoyang dan sejumlah layanan kereta sampai terganggu. Dipastikan tidak ada tsunami yang terjadi.

Berikut Top 3 Tekno Berita Kemarin, Jumat 8 Oktober 2021, selengkapnya,

1. Obat Covid-19, Negara-negara Tetangga Sudah Berburu Suplai Molnupiravir

Sejumlah negara telah bergerak cepat berburu suplai obat molnupiravir, pil antivirus pertama yang menunjukkan mampu mengurangi risiko gejala berat infeksi Covid-19 dan bisa langsung diminum ketika seseorang mengetahui terinfeksi penyakit itu. Sebagai catatan, obat-obatan yang selama ini direkomendasikan untuk Covid-19 hanya diberikan di rumah sakit karena diberikan dengan cara injeksi ke peredaran darah.

Australia, Malaysia, Korea Selatan dan Singapura telah mengumumkan kesepakatan kontrak pembelian molnupiravir dengan perusahaan farmasi pembuatnya, Merck. Dalam bentuk pil, molnupiravir direkomendasikan dikonsumsi selama lima hari, 4 pil diminum 2x per hari. Total 40 pil selama lima hari oleh seseorang yang positif terinfeksi Covid-19.

Taiwan dan Thailand juga diketahui sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan farmasi Jerman yang berbasis di Amerika tersebut untuk tujuan yang sama. Sedang Filipina menyatakan harapannya terlibat dalam uji klinis obat pil itu membuat mereka otomatis mendapat akses atas suplainya. Negara-negara tetangga di Asia Pasifik itu sudah memesan sekalipun masing-masing otoritas kesehatannya belum memberikan izin penggunaan (EUA).

2. Dari Penangkaran, Buaya Tiga Meter Dilepas ke Sungai di Natuna

Tim Reaksi Cepat Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, melepas liar seekor buaya muara berukuran panjang tiga meter. Buaya sebelumnya dievakuasi dari tempat penangkarannya karena dianggap meresahkan warga sekitar.

Penangkaran berlokasi di Teluk Baruk Desa Sepempang, sedangkan pelepasliaran dilakukan di Sungai Penarik Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan. Penentuan lokasi itu telah melalui survei untuk pemetaan dan strategi evakuasi.

“Buaya sengaja dilepas liar ke Sungai Penarik Desa Cemaga karena di lokasi yang sama ada banyak buaya dan disetujui oleh warga dan camat setempat,” kata Kepala Tim Reaksi Cepat Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Pemadam Kebakaran Natuna, Elkadar Lismana, Kamis 7 Oktober 2021.

3. Gempa M 6,1 Guncang Kuat Tokyo

Gempa berkekuatan Magnitudo 6,1 mengguncang Tokyo, Jepang, Kamis malam ini 7 Oktober 2021. Disebutkan gedung atau bangunan bergoyang dan sejumlah layanan kereta sampai terganggu. Dipastikan tidak ada tsunami yang terjadi.

KYODO NEWS mengutip Badan Meteorologi Jepang menerangkan gempa terjadi pukul 22.41 waktu setempat atau 20.41 WIB. Intesitas gempa itu terukur hingga skala 5 dari maksimal 7 di sebagian Prefektur Tokyo dan Satiama. Pusat gempa berada di darat, arah barat laut dari Prefektur Chiba, kedalamannya sekitar 80 kilometer.

Perusahaan jawatan kereta mengkonfirmasi beberapa rangkaian kereta termasuk subway yang dioperasikan Tokyo Metro Co. dan rangkaian kereta peluru shinkansen dihentikan menyusul kejadian gempa. Sementara itu, dilaporkan, tidak ada gangguan di PLTN di Prefektur Ibaraki dekat Tokyo. Bandara Narita di sebelah timur Chiba juga dilaporkan tak terdampak.


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *