Warga Baduy Dalam Ikut Vaksinasi: Menyehatkan dan Mencegah Covid-19

Di tengah keramaian kegiatan vaksinasi Covid-19, terlihat tiga warga Baduy berpakaian putih-putih dari Kampung Cibeo, Desa Kanekes.


0

Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di tenda pos pelayanan vaksinasi di Terminal Ciboleger Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Kamis, 14 Oktober lalu terasa meriah. Bukan hanya warga setempat, tapi sejumlah masyarakat adat Baduy Dalam ikut vaksinasi.

Di tengah keramaian itu, terlihat tiga warga Baduy berpakaian putih-putih dari Kampung Cibeo, Desa Kanekes. Mereka mendatangi pos tenda pelayanan vaksinasi.

Selama ini, warga Baduy Dalam dikenal sangat patuh terhadap adat leluhur, sehingga membatasi diri dari dunia luar. Jika harus bepergian, mereka tak boleh naik kendaraa.

Untuk menuju tempat vaksinasi, Kalsan, Nadi dan seorang anaknya berjalan kaki selama 1,5 jam melintasi perbukitan dan pegunungan yang curam dan terjal. Permukiman mereka memang berada di pedalaman hutan.

“Kami tidak tahu vaksinasi itu, namun menurut petugas kesehatan dapat menyehatkan juga mencegah terserang Covid-19,” kata Ayah Kalsan dan Ayah Nadi.

Keduanya mengaku senang bisa datang ke pos pelayanan vaksinasi. Selain menjalani vaksinasi, mereka menerima bingkisan sembako yang diserahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Kedatangan mereka menggembirakan semua pihak.

Vaksinasi juga diikuti oleh warga Baduy Luar. Salah satunya Anik yang tinggal di Kampung Kadu Jangkung Desa Kanekes. “Kami rela divaksinasi untuk melindungi diri dari ancaman penyebaran virus,” kata dia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak bersedia divaksinasi guna mencegah penyebaran Covid-19. Semakin banyak yang divaksinasi, semakin kecil penularan virus. “Masyarakat wajib divaksinasi untuk mencegah penularan dan menurunkan potensi mutasi virus. “Apalagi, saat ini yang ditakuti di dunia adalah varian Delta,” kata dia.

Warga Baduy yang juga Ketua Umum PUB Kabupaten Lebak, Pepep Faisaludin mengatakan sekitar 200 warga Baduy Dalam dan 500 warga Baduy Luar. Vaksinasi dinilai penting bagi masyarakat Bady, sebab permukiman mereka yang nihil kasus akan dikunjungi warga dari luar, baik karena silaturahmi, alasan ekonomi atau alasan sosial lainnya. “Kami mendorong warga Badui mau divaksinasi, sehingga kehidupan mereka sehat dan dapat mencegah penyebaran virus corona,” kata dia.


Like it? Share with your friends!

0
innTeach

Sabar dan ikhlas akan menjadikan seseorang mulia dan terhormat di dunia sekalipun orang tersebut bukan apa-apa

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *